Selasa, 30 Maret 2010

Wikipedia Indonesia Tembus 119.000 Artikel

Selasa, 30 Maret 2010 - 13:15 wib
text TEXT SIZE :
Share
Stefanus Yugo Hindarto - Okezone

JAKARTA - Wikipedia Indonesia hingga Maret 2010 tercatat telah memiliki lebih dari 119 ribu artikel dan dikunjungi hingga 1,2 juta pengunjung setiap harinya. Sayangnya, pencapaian tesebut tak diimbangi dengan jumlah penyunting.

"Pengguna yang menyunting lebih dari tiga kali dalam sehari hanya 30 orang," kata Siska Doviana, Sekretaris Eksekutif Wikimedia Indonesia di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Selasa (30/3/2010).

Dikatakan Siska, angka tersebut stagnan sejak tahun 2005 dan cenderung menurun. Bahkan, berkurangnya pengguna yang sangat aktif ini berdampak langsung pada penurunan jumlah artikel baru dan kualitas artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia," ujar Siska.

Mengatasi masalah tersebut, Wikimedia Indonesia menggelar kompetisi 'Bebaskan Pengetahuan 2010'. Tujuannya untuk menjaring relawan muda berbakat dari kalangan akademisi untuk ikut membebaskan pengetahuannya dan memperkaya artikel seputar pengetahuan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Hingga saat ini Wikipedia merupakan situs dengan peringkat ke-11 yang paling banyak dikunjungi di Indonesia (versi Alexa), di mana 40 persen di antaranya adalah arus pengunjung Indonesia yang menyinggahi situs Wikipedia Bahasa Inggris, dan 50 persen mengunjungi Wikipedia berbahasa Indonesia. (srn)

0 komentar:

Posting Komentar

Cute Tan Bow Tie Pointer